Selasa, 06 Juni 2017

Kacang Koro

Kacang koro
Definisi kacang koro
Kacang adalah istilah non-botani yang biasa dipakai untuk menyebut biji sejumlah tumbuhan polong-polongan. Kacang koro merupakan salah satu kelompok kacang polong (lagume) yang paling populer dan gampang di jumpai di pasaran.
Dalam dunia taksonomi, kacang koro diklasifikasikan sebagai berikut:

  


  1. Kingdom : Plantae (tumbuhan). 
  2. Subkingdom : Tracheobionta (tumbuhan yang berpembuluh). 
  3. Superdivisio : Spermatophyta (tumbuhan yang menghasilkan biji). 
  4. Divisio : magnoliophyta (tumbuhan dengan bunga). 
  5. Kelas : Magnoliopsida (tumbuhan berkeping dua / dikotil). 
  6. Sub-kelas : Rosidae. 
  7. Ordo : Fabales. 
  8. Familia : Fabaceae (suku polong-polongan). 
  9. Genus : Canavalia. 
  10. Spesies : Canavalia gladiata (Jack.) DC., Canavalia ensiformis ( L.) DC., Mucuna prurien, dll
Nama latin kacang koro pedang  canvalia berasal dari benua asia dan afrika. Pada awalnya kacang koro banyak di budidayakan di daerah asia selatan seperti India, Srilanka, dan daerah Indo China seperti myanmar.
Tanaman koro pedang sendiri merupakan tanaman pemanjat tahunan dimana proses pertumbuhannya tidak memakan waktu lama dan dilengkapi dengan batang kayu dengan panjang maksimal 10 meter
Pada dasarnya koro pedang bisa tumbuh hampir di mana saja tanpa perlu banyak perawatan. Waktu penanaman yang dianggap paling tepat adalah setelah musim hujan. Setiap ton bisa menghasilkan hingga 4 ton kara pedang. Karena dengan berat yang sama bisa menghasilkan volume tempe lebih banyak, kacang ini dianggap lebih menguntungkan. Selain produktif, tanaman ini juga menghasilkan pupuk hijau sehingga sering ditumpangsarikan dengan tanaman lain
Di Indonesia sendiri, ada 3 jenis kacang koro yang populer dikonsumsi dan dimanfaatkan. Varian tersebut antara lain Canavalia gladiata atau kacang koro pedang, Mucuna prurien atau kacang koro benguk, dan kacang koro kecipir atau Psophocarpus tetragonolobus. Ketiga bahan baku ini lazim digunakan dalam berbagai bidang termasuk sebagai salah satu alternatif pengganti kedelai dalam pembuatan tempe dan juga tahu.
       Canavalia gladiata atau kacang koro pedang


       Mucuna prurien atau kacang koro benguk

Psophocarpus tetragonolobus atau kacang koro kecipir



Pertumbuhan Kacang Koro
q Koro pedang merupakan tanaman musiman dengan tinggi tanaman berkisar 0,5 - 2 m, batangnya berkayu lunak, perakaran menyebar, daunnya berselang - seling, panjang tangkai daun 7 - 13 cm, panjang daun 6 - 16 cm, lebar daun 4 - 13 cm.
q Bunga berbentuk tandan semu, tumbuh pada ketiak daun. Tanaman sudah dapat berbunga pada umur 2 - 2,5 bulan.
q Buah berupa polong, panjang besar berbentuk pedang dengan panjang polong 20 - 40 cm, lebar 2,5 - 3 cm, biji berbentuk bundar atau oval agak segiempat 8 berwarna putih hingga cokelat muda.
Budidaya Kacang Koro
Kacang koro dapat hidup di tanah yang luas. Tanah lempung, lempung berdebu, lempung liat merupakan jenis tanah paling cocok unutuk kacang koro.
ü   Lahan yang akan ditanami harus dipersiapkan dengan 5-6 kali pembajakan.
ü  Benih yang akan ditanam disebar dalam kolom atau barisan dengan jarak tanam 90 x 90 cm atau 1m x1m.
ü  Penyiangan dilakukan 2 – 8 kali agar pertumbuhan gulma bisa dikendalikan.
ü  Penyemprotan insektisida dan fungisida yang teratur harus dilakukan untuk mengontrol hama serangga dan penyakit.
ü  Kacang koro siap dipanen setelah 2,5 bulan disebar.

Pasca Panen Kacang Koro
v Panen
            Panen dilakukan saat kacang sudah tua dan kering.  Jadi memudahkan pengolahan pasca panen nya
v Pengumpulan
             Lakukan pengumpulan pada tempat penampungan, lebih baik iika tempat penampungan dekat sehingga memudahkan pengumpulan dan tidak merusak hasil panen
v  Pengerigan
             Pengeringan di lakukan dengan cara dijemur di atas lantai bersemen dan ditata secara rapid dan tidak menumpuk serta dibolak balik, dengan begitu kacang koro akan percah dan buji biji acing koro akan lepas sendiri ketika kering
v  Penyortiran
            Dilakukan untu k memisahkan antara bji dengan kulit kacang  koro , tetapi jika biji kacang koro masi dala kulit tapi dalam kondisi kering bisa dipisah dengan cara di pukul menggunakan kayu atau mengguakan mesin .
v  Pengemasan
            Hanya kacang koro yang sudah kering yang boleh dikemas  didalam karung yang bersih, kemudian di beri label keterangan seperti berat , tanggal panen, tanggak produksi, ukuran , jenis. Dengan pemberian label akan memudahkan ketika barang akan di distribusikan saat pengambilan
v  Penyimpanan
            Kondisi tempat penyimpanan kacang koro harus kering, suhu ruang terjaga, sirklus udara baik, jauh dari panas , dan tidak lembab. Untuk menjaga kualitasnya kacang koro di tumpuk di atas kayu demi tidak menyentuh tanah an merusak kualitas koro.

Kandungan Kacang Koro
       Biji koro mengandung protein yaitu sekitar 18 - 25%. Sedangkan kandungan lemaknya sangat rendah, yaitu sekitar 0,2 - 3,0% dan kandungan karbohidratnya relatif tinggi, yaitu 50 - 60%, serat 8,3 %, jika diolah menjadi tepung kadungan proteinnya bisa mencapai 31 % .
       Protein koro – koroan dapat dipertimbangkan sebagai sumber protein untuk bahan pangan, sebab keseimbangan asam aminonya sangat baik. Disamping itu, koro – koroan mempunyai sumber vitamin B1, beberapa mineral dan serat pangan bagi kesehatan.

Manfaat Kacang Koro
o   Flavonoid pada kacang koro menjaga kesehatan kulit  Senyawa flavonoid  membantu untuk mengatasi sel-sel kulit yang rusak. 
o   Mengandung zat besi, magnesium, kalium, fosfor, tembaga, dan juga vitamin B1. Kandungan manfaat vitamin B, terutama vitamin B1 ini menurut beberapa penelitian sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi syaraf pusat. 
o   Kandungan magnesium, kalium, serat dan protein yang tinggi pada kacang koro ini juga memicu pembentukan sel-sel imun dalam sel darah putih yang bermanfaat melawan kuman-kuman yang merugikan kesehatan tubuh.
o   Kandungan serat larut dalam kacang koro dibutuhkan tubuh untuk memproses pencernaan makanan hingga membuang zat sisa lewat BAB.


Bahaya Kacang Koro
Belum diketahui informasi dan laporan tentang efek negatif mengonsumsi kacang koro dalam jumlah yang sewajarnya. Dalam jumlah yang berlebihan tentunya tidak akan bagus bagi kesehatan terutama bagi mereka yang menderita asam urat.
Camilan kacang koro yang digoreng biasanya banyak ditaburi garam sehingga bagi penderita hipertensi agar menghindari camilan kacang koro yang banyak mengandung garam tersebut dan lebih baik mengolah kacang koro dengan cara lain seperti disayur atau direbus
Koro Pedang Alternatif Pembuat Tempe
Koro pedang memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan karena mudah dibudidayakan dan ditumpangsarikan dengan ubi kayu, jagung, sengon, kopi, kakao, dan lain-lain. Karena sifat dan kandungan nutrisinya yang mirip, koro pedang sedang digalakkan sebagai pengganti kedelai. Beberapa daerah sudah menggunakan koro pedang sebagai bahan baku tempe, susu, tepung pengganti terigu, dan bungkil sebagai pengganti bungkil kedelai untuk pakan, minyak goreng, dan abon.
Di tengah semakin melambungnya harga kedelai disertai dengan produksi yang semakin berkurang, kacang koro pedang diyakini mampu menjadi bahan komoditas alternatif sebagai pemenuh atau pengganti kedelai, untuk bahan baku tempe dan tahu.
Olahan Kacang Koro
Snack Koro

Abon Koro

Krupuk  koro

Kripik Koro

Daftar Pustaka
       Nwokolo E., J. Smartt. 1996. Food and Feed From Legumes and Oilseeds. Chapman and Hall. Hal. 76
       Van Der Mesen dan Somaatmaja, 1993.
       Newman, et al., 1987 dalam Windrati dkk, 2010.

TERIMAKASIH

4 komentar:

  1. Pak ijin bertanya, kalo koro yang dibuat snack (yang ada kulitnya) itu termasuk koro yang jenis apa ya ?
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Yg punya koro pedang mungkin Bisa kerja sama dg saya,siap beli jika harga cocok
    Wa: 085228036306

    BalasHapus
  3. Hasil samping kacang koro apa?

    BalasHapus