Selasa, 11 April 2017

Kerang Darah

Mahesa Virga F                                               16.I1.0125
Candra Firnanta                                              16.I1.0135
Michael Benhur Kamara                                 16.I1.0138
B. Elisar Natanel                                             16.I1.0157




Shellfish
Shellfish merupakan istilah kuliner dan perikanan untuk hewan invertebrata air yang memiliki exoskeleton (tulang di luar tubuh). Berikut ini adalah jenis-jenis shellfish yang sering dikonsumsi :
1. Crustaceans             = Crab, Shrimp, Lobster, Crayfish
2. Molluscs                 = Clam, Oyster, Mussel, Cockle, Scallop (Bivalves), Squid, Octopus, Cuttlefish (Cephalopods)
3. Echinoderms           = Sea Urchin


Kerang Darah (Blood Cockles)
Kerang darah (Anadara granosa) adalah sejenis kerang yang biasa dimakan oleh warga Asia Timur dan Asia Tenggara. Anggota suku Arcidae ini disebut kerang darah karena ia menghasilkan hemoglobin dalam cairan merah yang dihasilkannya. Kerang darah dewasa memiliki ukuran panjang 5 - 6 cm dan lebar 4 - 5 cm.



Struktur Kerang Darah
Bagian yang dapat dimakan adalah bagian adduktor dan mantel.

Kandungan Nutrisi Kerang Darah
Komposisi kimia kerang dara (Anadara granosa) adalah air 83%, lemak 0.91%, protein 10.33%, kadar abu 1.84%, dan 3,92% mineral dan makromolekul yang lain, seperti Fe dan Vitamin B12.

Pasca Panen Kerang Darah
Kerang darah yang telah di panen biasanya diberi 2 macam perlakuan yaitu, dibiarkan hidup dan daging dipisahkan dari cangkangnya.
1. Dibiarkan hidup
Perlakuan ini bertujuan untuk kerang darah yang dipasarkan masih dalam cangkang. Hal ini dapat dilakukan dengan cara merendam kerang dengan air laut atau diberi lap basah. Perlakuan ini bertujuan untuk mencegah kerang menjadi kering dan kemudian mati sebelum sampai di tempat pemasaran.
2. Daging dipisahkan dari cangkangnya
Kerang darah yang dipisahkan dari cangkangnya memilki 2 tujuan, yaitu untuk diolah kembali (biasanya dibeukan) atau dijual di tempat pemasaran langsung. Untuk yang diolah kembali, setelah daging kerang dipisahkan dari cangkangnya, dilakukanproses perebusan. Sedangkan untuk yang langsung dijual ke tempat pemasaran setelah dipisahkan dari dagingnya langsung dapat dibawa ke tempat pemasaran.


Kesegaran Kerang Darah
Jika kita ingin mengetahui kesegaran kerang darah, dapat dilihat dari faktor-faktor berikut
1. Cangkang
Cangkang yang tertutup rapat dan dapat membuka-menutup menandakan kerang masih hidup. Kerang yang sudah terbuka dalam jangka waktu yang lama dan tidak menutup menandakan bahwa kerang sudah mati dan daging tidak baik.
2. Bau
Memliki bau amis laut yang khas, bukan bau busuk.
3. Warna daging
Warna daging kerang darah yang masih segar berwarna merah darah, sedangkan yang sudah mati berwarna gelap.

9 komentar:

  1. Angela Purnamasari sumargo 16.i2.0014
    Saya ingin bertanya mengapa pada kerang, khususnya pada masakan yang sudah matang terkadang ada kerang yang cangkangnya sulit dibuka, apa yang menyebabkan hal itu dan bagaimana cara mengolah kerang tersebut agar cangkangnya lebih mudah dibuka sehingga lebih mudah dikonsumsi?

    BalasHapus
  2. Saya Sr. Fransisca PMY (16.I1.0164) Ingin bertanya, bagaimana cara penyimpanan kerang yang baik sesudah panen agar kandungan nutrisi tetap terjaga dan tahan lama, selain diolah secara langsung, apakah ada produk turunan dari kerang darah? Terima kasih...

    BalasHapus
  3. saya Evangelina Stephanie (16.I2.0024) ingin bertanya, apa kah ada bahayanya jika kita mengkonsumsi kerang darah yang setengah matang?

    BalasHapus
  4. Saya Margareth Cindy Lawrence (16.I1.0103) ingin bertanya, mengapa bagi sebagian orang ketika memakan kerang lidah atau bagian mulutnya bisa terasa gatal?

    BalasHapus
  5. Saya Agnes Maya Widiastuti (16.I1.0184)
    Saya ingin bertanya,seberapa banyak jumlah yg aman untuk mengkonsumsi kerang darah? Dan apa akibatnya jika kita mengkonsumsi kerang darah dalam jumlah yg tidak seharusnya? Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Saya Steffani Sylvia (16.I2.0025) ingin bertanya apakah perbedaan nilai gizi antara cockles, mussels dan scallop? Dan bagaimana pengaruh ketiganya terhadap tingkat kolesterol?

    BalasHapus
  7. Saya Marchellania Sulistyawan (16.I1.0189) ingin bertanya bagaimana cara membersihkan kotoran yang berada di dalam kerang darah tanpa melepaskan cangkangnya? Terima kasih

    BalasHapus
  8. Saya Olivia Clarissa 16.I2.0038 ingin bertanya apa sajakah zat-zat bahaya yg terkandung dlm kerang darah? Terima kasih

    BalasHapus
  9. Hosana Shintya 16.I1.0034

    - Bagaimana risiko kesehatan dalam mengkonsumsi kerang? Seperti yang diketahui bahwa kerang adalah hewan laut yang menyerap pollutan laut seperti logam berat
    - Bagaimana kandungan kolestrol dalam kerang? Apakah lebih banyak daripada di daging sapi?

    Terima kasih gan 👍

    BalasHapus