Selasa, 04 April 2017

Telur Bebek

Evita Nia R.                            16.I1.0032
Veryka Budianto                     16.I1.0041
Oei, Dewi H. W.                     16.I1.0063
Denita Meyke P.                     16.I1.0076

Felicia Windy S.                      16.I2.0005






Telur bebek memiliki warna biru kehijauan karena disebabkan oleh pigmen biliverdin yang berwarna hijau dan zink chelate. Telur bebek berasal dari peternakan bebek. Pertenakan bebek ada dua macam yaitu pertenakan tradisional dan pertenakan intensif. Pada pertenakan tradisional, bebek digembalakan di sawah, dimana mereka mencari pakan sendiri yang berupa katak, belalang, ikan, keong yang menjadikan kuning telurnya berwarna kuning tua. Peternakan intensif bebek diberi pakan konsentrat atau pakan jadi, pakan ini menjadikan kuning telur berwarna lebih pucat dari kuning telur bebek angon. Namun bila peternakan bebek intensif menggunakan pakan organik, kuning telurnya akan jauh lebih tua bahkan berwarna oranye.

Tabel ini merupakan perbandingan antara telur ayam dengan telur bebek dari hasil pengamatan kami. Telur bebek berbau lebih amis dari pada telur ayam, warna dari putih telur bebek telur bebek lebih bening ketimbang warna putih telur ayam, warna kuning telur dari telur bebek lebih pucat dari telur ayam, membran cangkang telur bebek lebih tebal dikarenakan kalsium dan vitamin D nya lebih tinggi dari pada telur ayam.
Standard telur bebek yang baik terutama untuk dibuat telur asin yaitu telur bebek yang masih segar atau baru, telur bebek juga harus bersih dari kotoran bebek, dan kulit telur bebek harus masih utuh dan tidak boleh retak. Perlakuan Telur Bebek Pasca Panen adalah telur bebek membutuh perlakuan khusus pada suhu kamar yang berumur simpan pendek (maksimal 2 minggu), telur bebek disimpan pada suhu kulkas supaya masa simpan lama dan masih layak dikonsumsi, semakin lama telur bebek disimpan, kualitas dan kesegaran telur semakin merosot. Kualitas telur bebek dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu kualitas bagian dalam dan kualitas bagian luar. Kualitas bagian dalam dipengaruhi pada bagian telur bebek kekentalan putih dan kuning telur, posisi kuning telur dan tidak terdapat bintik atau noda darah pada putih atau kuning telur. Sedangkan kualitas bagian luar dipengaruhi oleh bentuk dan warna kulit, permukaan telur bebek, keutuhan telur bebek, dan kebersihan telur bebek. Ada faktor lain yang mempengaruhi penurunan kualitas telur bebek yaitu isi telur bebek berubah menjadi cair dan tercampur antara putih dengan kuning, telur bebek menimbulkan bau busuk, telur bebek berbunyi saat digucang atau dikocok, pada elur bebek terdapat keretakan atau pecah pada kulit luarnya, bila telur bebek dimasukkan ke dalam air akan mengapung atau melayang  mendekati permukaan air.


Telur Bebek memiliki hasil olahan yang paling utama adalah telur asin, yaitu telur bebek yang diasinkan. Telur bebek memiliki alasan yang diasinkan bukan telur ayam yaitu telur bebek lebih berlemak pada bagian kuning sehingga rasanya lebih gurih, ukuran telur bebek relatif lebih besar, cangkang pada telur bebek lebih tebal sehingga tidak mudah pecah saat diasinkan, serta membuat daya simpan lebih lama, dan pada kandungan airnya lebih sedikit sehingga lebih awet.

16 komentar:

  1. saya Bong Yosua Adhitya Santoso (16.I1.0175) ingin bertanya, kenapa kandungan energi, lemak, kalori dsb pada telur bebek lebih tinggi dari pada telur ayam?

    BalasHapus
  2. Saya Steffani Sylvia (16.I2.0025) ingin bertanya apakah telur bebek aman dikonsumsi setengah matang seperti telur ayam? Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Saya Gracella Handoyo 16.I1.0058 ingin bertanya, bagaimanakah mekanisme pembuatan telur asin dan kondisi seperti apa (waktu, suhu, kadar garam) yang paling sesuai / efektif untuk membuat telur asin dari telur bebek? Terimakasih

    BalasHapus
  4. Liong, Livia 16.I2.0021
    Dikatakan bahwa Kualitas bagian dalam dipengaruhi pada bagian telur bebek kekentalan putih dan kuning telur, posisi kuning telur dan tidak terdapat bintik atau noda darah pada putih atau kuning telur. Bagaimana cara pembeli dapat mengetahui telur bebek yg akan di beli memiliki kualitas dlm telur yg bagus?

    BalasHapus
  5. saya Jessica Deasy B 16.I1.0078 ingin bertanya, akankah terjadi perubahan pada kandungan gizi, lemak, energi, dsb setelah telur bebek dibuat menjadi telur asin?

    BalasHapus
  6. Saya Florentina Cindy (16.I1.0053) ingin bertanya, proses apa saja yang terjadi pada saat penggaraman telur bebek,sehingga menjadi telur asin? Terimakasih.

    BalasHapus
  7. Saya Florentina Cindy (16.I1.0053) ingin bertanya, proses apa saja yang terjadi pada saat penggaraman telur bebek,sehingga menjadi telur asin? Terimakasih.

    BalasHapus
  8. Saya Caesilia Indah Diani Putri (16.I1.0146) ingin bertanya. Mengapa warna putih telur bebek lebih bening daripada telur ayam? Terimakasih

    BalasHapus
  9. saya Gregorius Nico Adi Setiawan (16.I1.0196,
    - mengapa telur bebek memiliki aroma yang lebih amis daripada telur lainnya?

    - faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat keamisan dari telur bebek tersebut?

    - dan apakah tingkat keamisan serta warna dari kuning telur dapat menjadi indikator kualitas gizi dari telur tersebut?

    Terimakasih :)

    BalasHapus
  10. saya Yohana Wahyu Pertiwi (16.I1.0185) ingin bertanya, jika bebek digembalakan di sawah, mereka mencari pakan berupa katak, belalang, ikan, keong, sehingga menjadikan kuning telurnya berwarna kuning tua. Sedangkan peternakan intensif, bebek diberi pakan konsentrat atau pakan jadi, dan menjadikan kuning telur berwarna lebih pucat. Proses apa yg terjadi sehingga membuat warna kuning telur berbeda apabila pakanya juga berbeda ?

    Terimakasih :)

    BalasHapus
  11. Saya Theresia Yekti (16.I1.0097) ingin bertanya, berapa presentase kandungan lemak, protein, vitamin, dsb pada telur bebek dan apakah aman atau tidak jika kita mengonsumsi telur bebek sesering mengonsumsi telur ayam? Terimakasih

    BalasHapus
  12. Angela purnamasari Sumargo 16.i2.0014
    Sebenarnya apakah noda seperti bintik merah itu? Mengapa noda itu bisa terdapat pada bagian dalam telur?

    BalasHapus
  13. Dwi fajar watty 16.I2.0008
    Saya mau tanya ,telur asin matang itu tahan sampai berapa minggu?
    terimakasihh

    BalasHapus
  14. Olivia Clarissa 16.I2.0038. Saya ingin bertanya apakah manfaat serta dampak negatif dari mengkonsumsi telur bebek? Terima kasih

    BalasHapus
  15. Hosana Shintya 16.I1.0034

    - Kenapa telur busuk cenderung mengapung?
    - Apakah jika pakan bebek dimodifikasi seperti pakan ayam, kandungan gizi seperti protein, lemak akan berubah seperti kandungan gizi telur ayam?

    Terima kasih gan 👍

    BalasHapus
  16. Play Live Slots Online
    If you're looking for a quick way to enjoy live dealer games, we 365 bet have you 스피드 바카라 covered! 외국 라이브 Play casino table games online. 꽁머니 토토 Roulette online! Roulette online! Video 365 벳 Slots.

    BalasHapus