Selasa, 09 Mei 2017

Brokoli

Termasuk kubis – kubisan. Kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal (Bagian yang dimakan). Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus.

Jenis - Jenis Brokoli. Brokoli Italia hijau yang paling sering ditemui di pasar dengan daun yang besar dan batang yang tebal.
Tipe brokoli lainnya adalah brokoli yang berwarna ungu dan memiliki daun seperti kembang kol namun lebih kecil. Warna ungu disebabkan oleh kandungan antioxidant anthocyanin dalam brokoli.
Brokoli romanesco yang berwarna hijau kekuningan dan bentuk daunnya yang menonjol. Warna oranye disebabkan oleh kandungan beta-carotene yang lebihn banyak dari brokoli biasa

Kandungan Nutrisi Brokoli per 100 gram (gambar).
Manfaat brokoli:
       Mencegah penyakit jantung (brokoli mengandung glucoraphanin dan diyakini dapat mencegah penyakit jantung)
       Menjaga ketajaman penglihatan (Mengandung provitamin A dalam bentuk beta-carotenedan lutein)
       Menjaga kesehatan kulit (kandungan senyawa glucoraphanin dalam brokoli  dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit. Juga vitamin-vitamin lain seperti beta-carotene, vitamin B kompleks dan vitamin E dapat membantu regenerasi sel kulit mati)
       Mengontrol tekanan darah (kandungan kalium dan magnesium brokoli yang tinggi mampu membantu mengontrol tekanan darah)
       Menjaga kesehatan tulang dan gigi (kandungan kalsium dan vitamin K dalam brokoli dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi)
       Mencegah kanker (Phenethyl isothiocyanate (PEITC) dan sulforaphane dalam brokoli dapat menghambat carcinogenesis dan tumorigenesis dalam kondisi tertentu. Mekanismenya adalah dengan menghambat kerja enzim sitokrom P450 (cytochrome P450 enzymes). Enzim tersebut dapat mengoksidasi senyawa seperti benzo[a]pyrene dan senyawa polisiklik aromatik hidrokarbon (polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs)) menjadi epoksidiol yang lebih polar mengakibatkan mutasi yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker)
       Menurunkan kolesterol (Serat pada manfaat brokoli mengendalikan penumpukan kolesterol dalam tubuh)
       Mengobati penyakit asma (Brokoli mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan juga serat
       Antioksidan (Kandungan vitamin C, flavonoid, karotenoid lutein, beta-carotene, dan zeaxanthin yang tinggi)
       Konsumsi brokoli sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur ibu hamil dapat terhindar dari penyakit anemia yang kerapkali mengintai ibu hamil. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dalam brokoli sangat baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan (janin).

Cara Memilih Brokoli yang Baik, Segar dan Sehat. Pertama, pilihlah brokoli dalam keadaan yang kering dengan kuntum yang masih padat dan kuncup, dengan warna hijau yang masih kompak dan gelap. Kedua, jangan pilih brokoli yang terdapat bercak kehitaman atau kekuningan. Ketiga, perhatikan bekas tebasan dipangkal batang apakah terdapat bagian yang busuk. Ke-empat, tekan batang atas brokoli dengan menggunakan ujung jari. Brokoli yang masih dalam keadaan segar bisanya memiliki bagian batang yang masih keras atau tidak lunak.

Aplikasi Brokoli

Salad Brokoli         
Brokoli mempunyai nilai gizi yang tinggi dan kalori yang rendah. Brokoli diolah menjadi salad dengan menuangkan mentega cair atau minyak zaitun yang kemudian dibumbui dengan lada. Brokoli yang masih mentah mengandung lebih banyak nutrisi dan serta yang berguna daripada brokoli yang telah dimasak.

Nasi Panggang Brokoli
Brokoli diolah menjadi dengan mencampurkan telur, nasi putih, dan keju yang kemudian dimasukkan ke dalam mangkuk lalu dipanggang dalam oven.

Puding Brokoli Lapis Lemon
Brokoli diolah dengan diblender lalu dicampurkan dengan bahan lain pembuat puding, direbus kemudian dimasukkan ke loyang lalu ditambahkan campuran puding lemon dan dibiarkan hingga dingin.


3 komentar:

  1. Saya Caesilia Indah Diani Putri (16.I1.0146) ingin bertanya. Apakah nutrisi yang terkandung dalam setiap jenis brokoli berbeda? Jika iya, tolong sebutkan apa saja nutrisi masing-masing jenis brokoli. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Saya sr. Fransisca PMY (16.I1.0164) ingin bertanya, Bagaimana hubungan vitamin A, C, B6; mineral Fe dan Ca; serat dalam pengobatan asma?
    dalam kehidupan sehari-hari ketika mengolah brokoli, sering dianjurkan untuk direndam terlebih dahulu dengan air garam baru kemudian dicuci. mengapa demikian? apakah ada efek jangka panjang ketika dicuci dengan air biasa tanpa garam? bagaimana pengaruh garam bagi komponen-komponen nutrisi yang ada dalam brokoli?

    BalasHapus
  3. Hosana Shintya 16.I1.0034

    Saya ingin bertanya, apa yg menyebabkan bercak hitam dan kuning pada brokoli? Lalu kenapa itu bisa menjadi indikator bahwa brokokli tersebut bukan brokoli yang baik?

    Terima kasih gan 👍

    BalasHapus